Langsung ke konten utama

MENGANALISA WEB E-COMERCE

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA “ANALISA WEB SITE E-COMERCE” TUGAS KE 2




DISUSUN OLEH:
BAGUS AJI SAPUTRO (51415247)
EVAN FADIL RABANI (52415397)
MUHAMMAD SATRIA (5741593)


TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA



Kami akan membahas dan menganalisa tentang web e-comerce. Sebelum menganalisa web e-comerce kami akan menjelaskan pengertian dari web dan pengertian dari e-comerce. Setelah itu kami akan menganalisa web e-comerce dari “TOKOPEDIA”.
Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser.
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
KELEBIHAN
Kelebihan bagi organisasi
1.       Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
2.       Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
3.       Meningkatkan Brand perusahaan
4.       Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
5.       Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
Kelebihan bagi pelanggan
1.      Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
2.      Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
3.      Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
4.      Dapat melakukan review komentar terkait produk
5.      Dapat memberikan informasi lebih cepat
Kelebihan bagi masyarakat
1.      Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
2.      Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
3.      Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
KEKURANGAN
Kekurangan dari segi teknis
1.      Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
2.      Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
3.      Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
4.      Kesulitan dalam integrasi sistem
5.      Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem

Kekurangan dari segi non-tekni

1.      Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
2.      Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
3.      Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
4.      Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
5.      Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
6.      Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.

ANALISA WEB E-COMERCE “TOKOPEDIA”

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari web dan e-comerce kami akan membahas Tokopedia. Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
Sistem pembayaran instan Tokopedia yaitu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran sudah otomatis terverifikasi. Sistem pembayaran instan terdiri dari :
·         mandiri clickpay
·         mandiri e-cash
·         BCA KlikPay
·         KlikBCA
·         e-Pay BRI
·         BRI Virtual Account (BRIVA)
·         BNI Virtual Account
·         Indomaret
·         Alfamart
·         Pos Indonesia
·         Kartu Kredit
·         Cicilan
·         Saldo Tokopedia
·         Tokocash
·         Kredivo
Sedangkan sistem pembayaran manual Tokopedia adalah pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran (per tanggal 18 Nopember 2016, pembeli tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran, asalkan nominal yang ditransfer sudah sesuai dengan nominal yang diberikan untuk dibayar, biasanya mengandung angka unik dibelakang nominal harga dan ongkos kirim) terdiri dari:
·         Transfer ATM
·         Setoran tunai
·         Internet banking
·         Mobile banking
Kelebihan Tokopedia:
·         Tampilannya yang ringan dan segar.
·         Gratis dan tidak berbayar.
·         Situs muat ringan, terutama di halaman toko dan produk.
·         Bagian daftar produk sangat jelas, beragam kategori, begitu juga dengan harga grosir fitur.
·         Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus diimpor, karena proses ini biasanya akan memakan waktu lebih lama.
·         Ada fitur perkiraan total yang harus dibayar pembeli, seperti harga produk total (perkalian berlaku) dan perkiraan biaya pengiriman ke layanan ekspedisi yang ada.
Transfer relatif cepat dengan rata-rata 2 sampai 3 jam, dan maksimal 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
·         Waktu proses pemesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yang berkisar antara 5 sampai 7 hari sejak faktur masuk.
·         Keamanan cukup baik karena penggunaan kode OTP.
·         Punya blog yang berisi berbagai tip dan juga informasi berguna untuk penjualan dan optimalisasi toko online kita.
Kekurangan Tokopedia:
·         Situs dan aplikasi Tokopedia sering mengalami kesalahan.
·         Terlalu sering maintenance, sehingga sering membuat pengunjung merasa kesal.
·         Kesalahan post maintenance, efeknya bisa sampai 1 sampai 2 hari dengan berbagai keluhan.
·         Tidak adanya fitur daftar hitam untuk pembeli atau pembeli.
·         Fitur manajer saham masih dianggap kurang optimal, karena bila ada pembeli yang sedang menunggu pembayaran, stok produk tidak otomatis berkurang.
·         Tidak memiliki fitur diskon.
Perbandingan Shopee dengan Tokopedia :


Peringkat web Global : 1502
Perinkat web Indonesia : 42

Peringkat web Global : 137
Perinkat web Indonesia : 7

Kesimpulan
Dari Shopee maupun Tokopedia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda bisa menyimpulkan sendiri ingin berbelanja online disitus e-commerce yang mana. Namun, jika Anda sedang berburu diskon, kami merekomendasikan Shopee karena banyak online shop yang mendiskon produknya besar-besaran.

SUMBER :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Symbian, Android & iOS

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbandingan dari sistem operasi tersebut. Tapi sebelum masuk kedalam bahasan perbandingan, kalian tau gak sih apa itu perbedaan ponsel dan Smartphone ? kalau dilihat dari fungsinya jelas fungsinya sama, yaitu digunakan untuk berkomunikasi dan melakukan panggilan telepon, akan tetapi ada yang membedakan antara keduanya, yaitu pada Smartphone tidak hanya dapat melakukan panggilan telepon tapi juga memiliki fitur-fitur tambahan lainnya yang dahulunya hanya dapat kita temukan pada komputer. Misalnya kemampuan untuk mengirim dan menerima Email. Telepon genggam yang kita punya tentu tidak akan bisa digunakan tanpa adanya bantuan dari sistem operasi, secara umum ada beberapa jenis sistem operasi yang biasa digunakan oleh telepon, seperti : * Android * iOS * Symbian OS * Windows Phone * Blackbery OS Nah di postingan kali ini saya akan bahas perbandingan 3 sistem operasi di atas yaitu Android, iOS dan Symbian OS. 1. ANDROID Juml...

Keseenjangan Sosial "Anak Punk jalanan

Punk berasal dari Bahasa Inggris, yaitu: “ Public United Not Kingdom ” yang berarti kesatuan suatu masyarakat di luar kerajaan. Pada awalnya, punk adalah sebuah cabang dari musik rock dimana musik rock merupakan sebuah genre musik yang berasal dari musik rock and roll yang telah lahir lebih dahulu yaitu pada tahun 1955. Subkultur Punk muncul sekitar tahun 1970 an di Inggris. Punk mulai populer setelah munculnya grup-grup band Sex Pistol, Velvet Underground, The Ramones, dan lainnya. Grup-grup musik ini menjadi suatu cambuk dalam memicu munculnya suatu gaya hidup Punk di kalangan anak-anak muda saat itu. Munculnya Punk didasari atas semangat pemberontakan terhadap segala bentuk kemapanan dalam masyarakat. Semangat ini berasal dari komunitas anak-anak muda kulit putih kelas pekerja di London.  Mereka adalah kelompok marginal dalam masyarakatnya, dan tentunya sering menghadapi tekanan persoalan sosial dan ekonomi. Anak-anak muda ini telah mencapai titik jenuh sekaligus pesimis ter...

Pengaruh Globalisasi Terhadap Budaya

Pandangan Globalisasi Terhadap Budaya by : google pict       Kebudayaan asing atau luar negeri terutama negara barat sudah mendominanisasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada Barat. Peradaban Barat telah menguasai dunia dan tentunya itu harus hati-hati dalam mengikuti zaman ini. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi di penjuru dunia ini. Kebudayan Barat hanya sebagai petaka buruk bagi Timur terutama Negara kita Indinesia. Timur yang selalu berperadaban mulia, sedikit demi sedikit mulai mengikuti kebudayaan Barat.         P ola pikir serta teknologi maupun   telah mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan kita. Baik itu sikap, perilaku, bahkan cara kita berbicara.  Berkat globalisasi , kita dapat hidup dengan lebih baik sekarang. Namun, tidak demikian jika globalisasi merambah ke dua aspek yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu sosial dan budaya. Dewasa ini, budaya Indonesia m...