PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA “ANALISA WEB SITE E-COMERCE” TUGAS KE 2
DISUSUN
OLEH:
BAGUS
AJI SAPUTRO (51415247)
EVAN
FADIL RABANI (52415397)
MUHAMMAD
SATRIA (5741593)
TEKNIK
INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
Kami
akan membahas dan menganalisa tentang web e-comerce. Sebelum menganalisa web
e-comerce kami akan menjelaskan pengertian dari web dan pengertian dari
e-comerce. Setelah itu kami akan menganalisa web e-comerce dari “TOKOPEDIA”.
Website
adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat
diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser.
E-commerce
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
KELEBIHAN
Kelebihan
bagi organisasi
1.
Dapat memperluas pasar hingga pada taraf
global/International
2.
Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian,
pengambilan dan pengelolaan
3.
Meningkatkan Brand perusahaan
4.
Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan
yang lebih baik
5.
Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
Kelebihan
bagi pelanggan
1.
Dapat memberikan layanan tanpa ada
batasan waktu 1 x 24 jam
2.
Mampu memberikan pilihan serta kecepatan
dalam pengiriman
3.
Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat
membandingkan harga satu dengan lainnya
4.
Dapat melakukan review komentar terkait
produk
5.
Dapat memberikan informasi lebih cepat
Kelebihan
bagi masyarakat
1. Tidak
perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
2. Dapat
mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
3. Dapat
membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
KEKURANGAN
Kekurangan
dari segi teknis
1.
Jika emplementasi buruk maka dapat
terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
2.
Perubahan/perkembangan industri
perangkat lunak sangatlah cepat
3.
Jika terjadi kendala pada bandwidth,
maka dapat terjadi kegagalan TI
4.
Kesulitan dalam integrasi sistem
5. Terjadi masalah pada kompatibilitas
sistem
Kekurangan
dari segi non-tekni
1. Mahalnya
biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
2. Tingkat
kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
3. Sulitnya
untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
4. Kurangnya
perasaan dalam kegiatan jual beli
5. Aplikasi
ini terus berkembang dengan sangat cepat
6. Masih
belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.
ANALISA WEB E-COMERCE “TOKOPEDIA”
Setelah
kita mengetahui tentang pengertian dari web dan e-comerce kami akan membahas
Tokopedia. Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di
Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan
setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko
daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat
digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan
visi "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia
memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk
secara daring.
Tokopedia.com
resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang
didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada
6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah
satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
Sistem pembayaran
instan Tokopedia yaitu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena
pembayaran sudah otomatis terverifikasi. Sistem pembayaran instan terdiri
dari :
·
mandiri clickpay
·
mandiri e-cash
·
BCA KlikPay
·
KlikBCA
·
e-Pay BRI
·
BRI Virtual Account (BRIVA)
·
BNI Virtual Account
·
Indomaret
·
Alfamart
·
Pos Indonesia
·
Kartu Kredit
·
Cicilan
·
Saldo Tokopedia
·
Tokocash
·
Kredivo
Sedangkan
sistem pembayaran manual Tokopedia adalah pembeli harus melakukan konfirmasi
pembayaran (per tanggal 18 Nopember 2016, pembeli tidak perlu lagi melakukan
konfirmasi pembayaran, asalkan nominal yang ditransfer sudah sesuai dengan
nominal yang diberikan untuk dibayar, biasanya mengandung angka unik dibelakang
nominal harga dan ongkos kirim) terdiri dari:
·
Transfer ATM
·
Setoran tunai
·
Internet banking
·
Mobile banking
Kelebihan
Tokopedia:
·
Tampilannya yang ringan dan segar.
·
Gratis dan tidak berbayar.
·
Situs muat ringan, terutama di halaman
toko dan produk.
·
Bagian daftar produk sangat jelas,
beragam kategori, begitu juga dengan harga grosir fitur.
·
Adanya fitur pre-order untuk produk yang
harus diimpor, karena proses ini biasanya akan memakan waktu lebih lama.
·
Ada fitur perkiraan total yang harus
dibayar pembeli, seperti harga produk total (perkalian berlaku) dan perkiraan
biaya pengiriman ke layanan ekspedisi yang ada.
Transfer relatif cepat dengan rata-rata 2 sampai 3 jam, dan maksimal 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
Transfer relatif cepat dengan rata-rata 2 sampai 3 jam, dan maksimal 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
·
Waktu proses pemesanan memiliki waktu
yang lebih leluasa, yang berkisar antara 5 sampai 7 hari sejak faktur masuk.
·
Keamanan cukup baik karena penggunaan
kode OTP.
·
Punya blog yang berisi berbagai tip dan
juga informasi berguna untuk penjualan dan optimalisasi toko online kita.
Kekurangan
Tokopedia:
·
Situs dan aplikasi Tokopedia sering
mengalami kesalahan.
·
Terlalu sering maintenance, sehingga sering
membuat pengunjung merasa kesal.
·
Kesalahan post maintenance, efeknya bisa
sampai 1 sampai 2 hari dengan berbagai keluhan.
·
Tidak adanya fitur daftar hitam untuk
pembeli atau pembeli.
·
Fitur manajer saham masih dianggap
kurang optimal, karena bila ada pembeli yang sedang menunggu pembayaran, stok
produk tidak otomatis berkurang.
·
Tidak memiliki fitur diskon.
Perbandingan Shopee
dengan Tokopedia :
Peringkat web Global :
1502
Perinkat web Indonesia
: 42
Peringkat web Global :
137
Perinkat web Indonesia
: 7
Kesimpulan
Dari
Shopee maupun Tokopedia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing
sehingga Anda bisa menyimpulkan sendiri ingin berbelanja online disitus
e-commerce yang mana. Namun, jika Anda sedang berburu diskon, kami
merekomendasikan Shopee karena banyak online shop yang mendiskon produknya
besar-besaran.
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar