Web Science
Dipost blog kali ini saya akan membahas tentang web science
dan sejarahnya. Didalam post an saya saya akan menjelaskan pre-web yang
meliputi Memex, Internet, usenet, flp, gopher. Setelah itu dilanjutkan web 1.0,
web 2.0 web 3.0. Selain itu saya akan membahas pertumbuhan sosial dan ekonomi.
Saya tidak lupa untuk membahas Web Science dan metodologi web science. Saya
tidak mau panjang lebar mari langsung membahas dan mejelaskan yang akan saya
samapaikan di post kali ini. Cekiiiidddoooott.....
Pengertian Web Science :
Yang pertama kita membahas pengertian web science karena ini
adalah awal untuk semua pembahasan nanti. Pengertian
Web yaitu kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa
gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang
bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait
yang dihubungkan dengan banyak link. Penggertian
dari Science adalah sebuah pengetahuan yang dapat berupa informasi lisan
ataupun tulisan yang dapat digunakan untuk keperluan Penelitian ataupun Tugas
individu.
Sejarah
WEB
Apakah kalian
sudah mengerti dengan definisi web science? Jika sudah mari saya ajak kamu ya
kamu yang lagi baca artikel untuk menuju sejarah web. Kalau kamu belum ngerti
coba dibaca ulang dahh hehehe.
(Picture by :
www.statetechmagazine.com/article/2014/03/happy-25th-birthday-world-wide-web)
WWW atau World
Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga kita. Terutama anda
yang sering mondar-mandir di dunia maya. Jika ingin masuk ke suatu website
pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin membuka akun facebook
anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan www.facebook.com. Tetapi banyak
orang kurang memperhatikan www tersebut kebanyakan orang langsung mengetik
facebook.com tanpa menggunakan www. Taukah anda sejak kapan penulisan www mulai
dipakai di jagat web? Pasti kalian belum tau oke saya akan memberi tahu
informasinya bukan tau bulat ya wkwk.
Pada tahun 1980 telah diperkenalkan
sebuah teknologi informasi dan komunikasi khususnya di dalam bidang website.
Website yang biasa kita kenal awalnya ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim”
Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Participle Physics
(CERN). Pada bulan maret 1989, Tim membuat suatu protocol system distribusi
untuk pertukaran informasi di internet, dan pada akhirnya situs web pertama itu
diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/. Kemudian pada bulan oktober 1991, World Wide
Web (WWW) sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada tahun 1991, WWW
secara resmi digunakan secara luas pada jaringan internet. Website bisa
ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui
sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, atau yang
dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui
jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi,
laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah
sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan
pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan
sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang
diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna.
Pre Web
Pasti kalian bertanya-tanya apa itu pre
web dan ingin tau apa itu pre web kan? Hehe kok saya jadi so tau. Oke Pre-web
adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp dan
sebagainya muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet. Saya akan
memulai pembahasan apa saja yang termasuk pre web.
1. MEMEX
Dari katanya tidak jorok kalau menganggapnya jorok
berarti kamu otak mu ngeres hehehe karena itu emang namanya kalau tidak
dipercaya bisa disearch di mbah google. Memex (Memory Index) adalah mesin pencari
khusus Dark Web, yang dikembangkan oleh lembaga peneliti Departemen Pertahanan
Amerika Serikat bernama Defence Advanced Research Project Agency (DARPA).
Proyek ini sudah berlangsung selama setahun dan masih akan berlanjut hingga dua
tahun ke depan. Tujuannya untuk mengembangkan software dengan kemampuan seperti
mesin pencari pada umumnya, namun dengan lokasi pencarian yang lebih spesifik.
2.
Hyper text
Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain
atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext
apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang
berbeda. Walaupun hypertext biasanya berkaitan dengan halaman Web, tetapi teknologi sudah ada sejak tahun
1960-an. Software program yang mencakup ensiklopedia dan kamus telah lama dalam
definisi mereka istilah hypertext telah digunakan mereka dan mempunyai arti
pembaca dapat dengan cepat mengetahui lebih lanjut tentang topik atau kata-kata
tertentu.
3. Internet
Sejarah
internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah
lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka
bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy
Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang
lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting
yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan
komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer
University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar
Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang
ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan
yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini
dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah
berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link.
4. FTP
File Transfer
Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file
dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang
penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu
server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar
menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila
mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client
adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar
file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload,
merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP
server.
5. Ghoper
Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu
Internet pada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari
sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa
menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs
Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan
informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi
untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu.Layanan ini
menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi
dengan server tertentu.
6. Use net atau user net
Usernet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi
secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari
nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama
Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya
membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum
(disebut artikel atau posting, dan secara kolektif
disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup.
Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan
merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini,
secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum
web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader
seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada
peladen secara berurutan.
7. Web 1.0 , 2.0.
3.0
Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif boleh dibilang pada web 1.0 ini bersifat
read-only.
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis
atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html
murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam
buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang
dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0, adalah sebuah istilah yang
dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan
pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004, merujuk pada
generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis
web—seperti situs jaringan sosial, perangkat komunikasi, dan
folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar
pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International,
menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak
2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini. Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan
versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada
spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana
cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web.
Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Dampak Postive Dari Internet untuk sosial :
·
Dampak Positive internet untuk sosial adalah, dalam dunia maya kita bisa
berjualan online , dimana shop online tidak membutuhkan modal berjualan sama
sekali , tidak seperti membangun toko ataupun kios .
·
Dampak Positive lain adalah kita bisa ngobrol lewat social media dengan
saudara – teman bahkan orang tua yang jaraknya jauh dengan daerah yang kita
tempati.
·
Dampak Positive Lainnya lagi adalah, kita bisa mengirim lowongan kerja via
online .
Dampak Negative dari Internet untuk Sosial :
·
Dampak Negative dari Internet untuk Sosial : Maraknya penipuan dari shop
online yang mengiming imingi para calon pembeli dengan memeberikan harga diskon
yang menipu , sehingga para calon pembeli tergiur untuk membeli.
·
Dampak Lainnya adalah : Banyaknya penculikan yang didasarkan dengan cara
mengadakan kopi darat (pertemuan) lalu korban akan diculik dan bahkan pelaku
kadang membunuh korban
·
Dampak Lainnya : Banyaknya anak dibawah umur yang bebas membuka situs
dengan konten dewasa .
Dampak Positif Internet untuk Ekonomi:
Dalam bidang ekonomi teknologi
berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat
positifnya antara lain :
·
Pertumbuhan Ekonomi yang semakin tinggi
·
Terjadinya Industrialisasi
·
Produktifitas dunia industry semakin meningkat
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains
dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar
adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau
engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan
domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung
saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph
pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model
analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan
determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
REFRENSI
Komentar
Posting Komentar