Langsung ke konten utama
PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU DESAIN PEMODELAN GRAFIK



DISUSUN OLEH:
BAGUS AJI SAPUTRO (51415247)

TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA






ABSTRAK
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout.

Desain grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahaan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan ataupun produk yang dihasilkan.

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Desain Pemodelan Grafik adalah suatu proses menciptakan objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat untuk informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Menurut ahli Hafied Cangara (2000) dalam Pengantar Ilmu Komunikasi mencatat bahwa komunikasi bisa berlaku sebagai seni. Jelas Cangara, komunikasi memiliki nilai estetika yang diterapkan dalam praktik-praktik komunikasi seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio, televisi, seni grafika (grafis-pen), retorika, akting, penulisan skenario, penulisan buku dan sebagainya. Maka, jelaslah terdapat benang merah yang menghubungkan komunikasi dengan praktik desain grafis.
B.      Rumusan Masalah
1.       Perkembangan dan sejarah desain grafis diberbagai media
2.       Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam membuat desain pemodelan grafis
3.       Desain pemodelan grafis dari segi interaksi manusia dan komputer

C.      Tujuan
1.       Supaya kita dapat memahami konsep dasar perkembangan grafis dan pemodelan.
2.       Supaya kita dapat menjelaskan pengaruh desain pemodelan grafis pada budaya dan interaksi manusia dan komputer.
3.       Supaya kita dapat memahami kegunaan dari aplikasi editing gambar/video berbasis vector dan bitmap pada desain grafis.
Landasan Teori
1.       Pengertian Desain & Pemodelan Grafik
Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
·         Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
·         Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
·         Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
·         Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

2.       Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Unsur – unsurnya :
·         Garis (Line) adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
·         Bentuk (Shape) adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
·         Huruf (Character) adalah Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
·         Simbol (Symbol) adalah Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail). 
·         Bentuk Nyata (Form), Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda lainnya.
·         Tekstur (Texture) adalah tampilan permukaan dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
·         Ruang (Space) merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
·         Ukuran (Size) adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
·         Warna (Color), Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas
Prinsipnya :
·         Karena Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
·         Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
·         Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
·         Penekanan (Aksentuasi), Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
·         Irama (Repetisi), Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.

A.      Sejarah Perkembangan Pemodelan Desain Grafik
Pelacakan perjalanan sejarah desain grafik dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.
Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.
Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset. Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
B.      Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Permodelan Grafis
1.      Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik. Yaitu dengan cara menggambar terlebih dahulu di aplikasi yang berbasis grafis dan dicetak oleh mesin kusus pembuat batik.

2.      Pengaruh Teknologi
Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Seperti contohnya majalah yang dulu masih menggunakan lukisan manual yang dilukis/gambar dari tangan manusia. Sekarang sudah bisa menggunakan mesin, mewarnainya juga lebih cepat dan gambarnya atau lukisannya lebih bagus daripada dibuat langsung oleh tangan manusia.
C.      Desain Permodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi computer dengan manusia atau dengan bahasa inggris dikenal dengan “human-computer interaction / HCI” merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara computer dengan manusia yang meliputi perancangan, evaluasi, dan juga implementasi antar muka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara yang paling efektif untuk dapat merancang pesan secara elektronik, sedangkan interaksi manusia da computer sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan computer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melewati sebuah antar muka untuk mendapatkan hasil akhir yang diharapkan.
Tujuan dari interaksi ini adalah agar memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian terhadap computer dan memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan selama mereka bekerja menggunakan computer dan juga mengharapkan agar system computer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan serta membuat waktu dalam prosesnya menjadi lebih cepat dan juga itu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.

Pembahasan
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Pada desain grafis, desain dibagi menjadi dua kelompok, yakni desain bitmap dan desain vektor.
A.      Desain bitmap
Grafis desain bitmap adalah objek gambar yang dibentuk dengan raster/pixel/titik koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini akan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar.
Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut.
Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap antara lain: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, dan Macromedia Fireworks.
B.      Desain Vektor
Grafis desain vektor adalah objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakai banyak memori.
Program aplikasi grafis vektor, antara lain CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer.
Keunggulan dan Kelemahan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
·         Keunggulan grafis vektor adalah ukuran file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file.
·         Kelemahan grafis Vektor adalah pemakaian prosessor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja menjadi lebih lambat. Keunggulan grafis bitmap adalah pemakaian memori lebih kecil dibandingkan grafis vektor.
·         Kelemahan grafis bitmap adalah ukuran file yang dihasilkan besar. Kehalusan gambar grafis vektor tidak tergantung pada ukuran dpi, tetapi pada output device, seperti monitor dan printer. Semakin canggih output device yang digunakan, semakin halus citra grafis yang tampak.

Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
Vektor
Bitmap
Gambar tetap jelas ketika diperbesar
Gambar kurang jelas ketika diperbesar
Tersusun oleh garis dan kurva
Tersusun atas titik-titik / dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil
Ukuran file yang dihasilkan besar
Kualitas grafis tidak tergantung dari banyaknya pixel
Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel

1.       Grafis Berbasis Vektor
Merupakan Software yang dapat menghasilkan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR. Software Software aplikasi yang digunakan dalam bidang desain grafis dan berbasis Vektor adalah : Macromedia FreeHand, Adobe Illustrator.
Addobe Ilustrator


Memang Adobe Illustrator (AI) tidak seterkenal saudaranya Adobe Photoshop, tetapi mereka berdua dibuat oleh Adobe Systems dengan memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai alat pembuat, pendesain, pengedit gambar. Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, dimana gambar tersebut akan tetap bagus walaupun dilakukan proses zooming atau scaling (diperbesar).
Karena Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, maka Adobe Illustrator secara tidak langsung mempunyai kegunaan untuk memproduksi hasil karya yang khusus, yaitu gambar dengan tipe vektor. Hasil karya yang dimaksud misalnya seperti pembuatan logo perusahaan, media promosi, media promosi bisa berbentuk hasil print maupun dalam bentuk digital.
Jadi fungsi dan kegunaan dari aplikasi Adobe Illustrator sangat banyak, jika kita lihat dari beberapa hasil karya yang disebutkan tadi. Mungkin anda masih belum paham karena di situ hanya disebutkan dalam segi sempit beberapa hasil karya yang bisa dibuat dengan Adobe Illustrator, kalau diperluas atau secara umum maka hasil karya yang bisa dibuat oleh Adobe Illustrator, sebagai berikut :

1.       Grafik.
2.       Watermark.
3.       Desain aplikasi.
4.       Logo perusahaan.
5.       Logo website / blog.
6.       Banner / spanduk.
7.       Desain gambar.
8.       Ikon aplikasi.
9.       Desain kaos.
10.   Wallpaper.
11.   Diagram
12.   Ilustrasi.
13.   Kartun.
14.   Tabel.

2.      Grafis Berbasis Bitmap
Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Citra bitmap menggunakan titiktitik berwarna yang disebut pixel (pic-ture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan.
Tampilan bitmap mampu menunjukan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Oleh karena itu format bitmap paling tepat digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit seperti foto dan lukisan digital. Namun, format bitmap mempunyai kelemahan dimana setiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution dependent), artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti (tetap). Akibatnya gambar bisa kehilangan detail dan juga terlihat ³kotak- kotak´(jagged) jika ukurannya diperbesar atau jika resolusinya diperkecil dari resolusi aslinya. Citra dengan format bitmap ini memerlukan ruang pemyimpanan data yang relatif besar, sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya.
Software aplikasi yang digunakan dalam bidang desain grafis dan berbasis Bitmap adalah : Paint, Adobe photoshop, chorel photopaint, sedangkan sisanya adalah program aplikasi berbasis vector.
Corel Photo-Paint


Editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
·         Artistik media kuas yang dapat digunakan langsung dan sebagai kuas kloning untuk melukis atau repaint menggunakan semua jenis efek lukisan alam serta pilihan yang lebih imajinatif.

·         Layered efek objek dapat diciptakan untuk memanipulasi, komposit, serta menambahkan elemen grafis seperti jenis dengan bayangan drop melalui gambar fotografi.

·         Anda bisa membuka atau menyimpan ke berbagai jenis file grafis membuat sumber daya yang dibuat dalam sejumlah aplikasi yang tersedia, serta menciptakan gambar di PHOTO-PAINT yang dapat digunakan dalam aplikasi lain, termasuk Adobe Photo-shop, MetaCreations pelukis, antara lain. Ixla dukungan kamera digital built-in menyediakan akses mudah ke gambar yang disimpan oleh sebagian besar merek terkenal dan model kamera.

·         Dukungan penuh termasuk untuk output HTML untuk menciptakan konten untuk penerbitan web. Encapsulated PostScript • Ekspor meliputi peningkatan manajemen warna untuk menjamin hasil cetakan berkualitas tinggi dan output untuk mengimbangi reproduksi tekan.

·         Gambar dibuat di PHOTO-PAINT mungkin menjadi output dalam format PDF untuk web atau offset target pencetakan.

·         A Wizard termasuk yang membuat output ke biro jasa pra-tekan mudah.
Lebih luas dan terkontrol akses dukungan manajemen warna disertakan, menggabungkan pemilihan salah satu dari sejumlah ruang kerja warna standar dengan profil ICC yang mungkin tertanam dalam file output.

·         Serta dalam tradisi Corel paket termasuk perpustakaan klip seni 1200 item, foto bebas royalti 1500, 750 benda mengambang, dan 300 font TrueType


PENUTUP
KESIMPULAN
Dari beberapa referensi yang kami baca maka kami sebagai penulis dapat meyimpulkan bahwa :
1.       Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat.
2.       Grafis berbasis vektor merupakan Software yang dapat menghasilkan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap.
3.       Grafis Berbasis Bitmap merupakan Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Citra bitmap menggunakan titiktitik berwarna yang disebut pixel (pic-ture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan.

DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Symbian, Android & iOS

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbandingan dari sistem operasi tersebut. Tapi sebelum masuk kedalam bahasan perbandingan, kalian tau gak sih apa itu perbedaan ponsel dan Smartphone ? kalau dilihat dari fungsinya jelas fungsinya sama, yaitu digunakan untuk berkomunikasi dan melakukan panggilan telepon, akan tetapi ada yang membedakan antara keduanya, yaitu pada Smartphone tidak hanya dapat melakukan panggilan telepon tapi juga memiliki fitur-fitur tambahan lainnya yang dahulunya hanya dapat kita temukan pada komputer. Misalnya kemampuan untuk mengirim dan menerima Email. Telepon genggam yang kita punya tentu tidak akan bisa digunakan tanpa adanya bantuan dari sistem operasi, secara umum ada beberapa jenis sistem operasi yang biasa digunakan oleh telepon, seperti : * Android * iOS * Symbian OS * Windows Phone * Blackbery OS Nah di postingan kali ini saya akan bahas perbandingan 3 sistem operasi di atas yaitu Android, iOS dan Symbian OS. 1. ANDROID Juml...

Keseenjangan Sosial "Anak Punk jalanan

Punk berasal dari Bahasa Inggris, yaitu: “ Public United Not Kingdom ” yang berarti kesatuan suatu masyarakat di luar kerajaan. Pada awalnya, punk adalah sebuah cabang dari musik rock dimana musik rock merupakan sebuah genre musik yang berasal dari musik rock and roll yang telah lahir lebih dahulu yaitu pada tahun 1955. Subkultur Punk muncul sekitar tahun 1970 an di Inggris. Punk mulai populer setelah munculnya grup-grup band Sex Pistol, Velvet Underground, The Ramones, dan lainnya. Grup-grup musik ini menjadi suatu cambuk dalam memicu munculnya suatu gaya hidup Punk di kalangan anak-anak muda saat itu. Munculnya Punk didasari atas semangat pemberontakan terhadap segala bentuk kemapanan dalam masyarakat. Semangat ini berasal dari komunitas anak-anak muda kulit putih kelas pekerja di London.  Mereka adalah kelompok marginal dalam masyarakatnya, dan tentunya sering menghadapi tekanan persoalan sosial dan ekonomi. Anak-anak muda ini telah mencapai titik jenuh sekaligus pesimis ter...

Pengaruh Globalisasi Terhadap Budaya

Pandangan Globalisasi Terhadap Budaya by : google pict       Kebudayaan asing atau luar negeri terutama negara barat sudah mendominanisasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada Barat. Peradaban Barat telah menguasai dunia dan tentunya itu harus hati-hati dalam mengikuti zaman ini. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi di penjuru dunia ini. Kebudayan Barat hanya sebagai petaka buruk bagi Timur terutama Negara kita Indinesia. Timur yang selalu berperadaban mulia, sedikit demi sedikit mulai mengikuti kebudayaan Barat.         P ola pikir serta teknologi maupun   telah mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan kita. Baik itu sikap, perilaku, bahkan cara kita berbicara.  Berkat globalisasi , kita dapat hidup dengan lebih baik sekarang. Namun, tidak demikian jika globalisasi merambah ke dua aspek yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu sosial dan budaya. Dewasa ini, budaya Indonesia m...