Interaksi manusia dan komputer (Bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antara pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien
untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Perilaku
Navigasi
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar,
yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan
secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah
navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.
Permasalah
dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaranpadasitus.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai
interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang
menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)
Perilaku
Pencarian / Search
Fitur
pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman
terbaik dalam pemanfaatan situs.
Contohnya:Tokobagus.com yang
sekarang bernama OLX.co.id merupakan salah satu website atau situs belanja
online (e-commerce) yang besar dan terkenal di Indonesia. Website ini masih
memiliki accessibility yang belum terpenuhi, sebab penggunaan bahasa pada
website ini masih menggunakan bahasa Indonesia, padahal apabila ada translate
khusus tiap-tiap negara akan membuat website ini lebih banyak dikunjungi oleh
para konsumen lokal maupun asing. Penempatan menu yang terstruktur dan
berposisi di pojok kanan atas membuat website ini terlihat menarik dan indah
dilihat. Menurut saya, website ini sudah memiliki prinsip available, sebab menu
yang mereka tampilkan sudah tersedia semua di tampilan awal, jadi para
pengunjung atau konsumen di beri kemudahan dan tidak dipersulit untuk
membukanya ke halaman yang lain. Kejelasan pada website ini sudah tidak
diragukan lagi, karena adanya penjualan online (e-commerce) di OLX.co.id.
Website OLX.co.id dapat di akses oleh beberapa browser seperti Mozila
Firefox dan Google Chrome tanpa adanya perubahan sedikitpun didalamnya, karena
website ini diatur oleh admin, jadi penggunaan tidak bisa dipersonalisasi oleh user.
https://www.techinasia.com/indonesias-tokobagus-rebrands-olxcoid
Web dan Perilaku Sosial
A. Web merefleksikan perilaku sosial
web pun
dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur
banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa
web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap
sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja
online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang
lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.
B. Web mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai
salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat
menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua
dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak postifnya
adalah :
- lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
- dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
- mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak
Negatif
- munculnya
banyak penipu yang memanfaatkan internet
- adanya
plagiatisme
- munculnya
pencurian/hack
- munculnya
banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat
merusak mental
- bahaya
kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Sumber :
Komentar
Posting Komentar